Selamat Datang Di Blog Raheza

Selamat Datang Di Blog Raheza
Blog ini berisi mengenai berbagai macam konten seperti musik , aplikasi , game , video , informasi seputar sepakbola dan pengetahuan selama saya kuliah . Semoga konten - konten , informasi dan pengetahuan yang saya share ke Blog ini bermanfaat untuk kalian semua

Tentang Internet






A.      PENGERTIAN INTERNET
Menurut tata bahasa, internet berasal dari bahasa Yunani ”inter” yang berarti “antara”. Menurut Wikipedia, internet merupakan singkatan dari interconnerction-networking yang merupakan sistem jaringan yang menghubungkan tiap-tiap komputer secara  global di seluruh penjuru dunia.
Internet melibatkan berbagai jenis komputer serta topology jaringan yang berbeda. Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan, digunakan standar protokol internet yaitu TCP/IP. TCP bertugas untuk memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan baik, sedangkan IP bertugas untuk mentransmisikan paket data dari satu komputer ke komputer lainnya.


B.       SEJARAH INTERNET




Sejarah dimulai pada tanggal Agustus 1962 dan penciptaan internet pertama kali dikemukakan oleh seseorang bernama J.C.R Licklider dari MIT Massachutts Institute of Technology. Konsep awal dinamakan “Galactic Network” oleh dirinya. Ia mengemukakan tentang bagaimana jaringan global yang memungkinkan orang dapat mengakses data dan program dari mana saja. Pada Oktober 1962 beliau mengepalai program penelitian komputer di ARPA yang merupakan bagian dari Departmenet Pertahanan Amerika Serikat.
Proyek dari ARPANET adalah merancang sebuah bentuk jaringan, kehandalan, dan  seberapa besar informasi dapat dipindahkan, yang akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang kita kenal dengan istilah TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Sejarah awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.



C.      KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN INTERNET

A.    Bidang Pendidikan
Pemanfaatan internet bagi bidang pendidikan saat ini bukanlah hal yang langka terjadi. Berbagai lembaga pendidikan kini telah bertransformasi ke media internet untuk memaksimalkan segala kemampuan yang mereka miliki.

  Keuntungan internet: 
·       Dengan internet, kini seorang siswa bisa belajar melalui sistem pembelajaran jarak jauh. Bahkan seorang siswa masih bisa mengikuti berbagai mata pelajaran yang telah diajarkan disekolah meski sedang berada di luar negeri sekalipun, misalnya. 
·       Semakin mudahnya seorang pelajar untuk bisa mencari berbagai program beasiswa yang diadakan diseluruh dunia melalui internet. 
·       Siswa mudah mencari bahan untuk mengembangkan ilmu mereka. 
·       Seorang guru atau pengajar dapat dengan mudah memberi tugas pelajaran melalui sebuah website. 
·       Lembaga pendidikan atau guru dapat dengan mudah memberikan pengumuman kepada siswanya melalui sarana internet. 


 Kerugian internet: 
·       Banyak siswa yang menjiplak karya orang lain untuk diakui sebagai karyanya didepan pengajarnya. 
·       Sering disalah gunakan siswa untuk mengakses hal yang tak berhubungan dengan pendidikan, yang bisa membuat pelajaran terbengkalai. Seperti misalnya chatingan, game atau situs dewasa.

B.    Bidang Ekonomi
Internet memang sarana komunikasi yang sangat efektif. Internet diketahui tak hanya bermanfaat untuk pendidikan, namun juga baik untuk ekonomi. Internet menawarkan berbagai kemudahan untuk bertransaksi secara online. Berikut ini Keuntungan dan kerugian internet di Bidang ekonomi. 

  Keuntungan: 
·       Semakin mudahnya orang melakukan jual beli secara online. 
·       Jual beli online ini ditunjang juga denganberbagai kemudahan transaksi online secara singkat seperti yang dilakukan bank BCA sejak dulu, lewat klik BCA-nya. Selain itu transaksi instant bisa juga dilakukan dengan menggunakan kartu kredit. 
·       Dengan semakin tingginya transaksi online, ini berarti semakin banyak lapangan kerja yang akan dibuka. 

 Kerugian: 
·       Kerugian dari interner dibidang ekonomi adalah maraknya penipuan seperti toko online palsu dan lainnya. 
·       Maraknya kejahatan yang melibatkan transaksi kartu kredit. Maraknya pencurian data perusahaan oleh orang tak bertanggung jawab. 


C.     Bidang Sosial 
Tak hanya ekonomi dan pendidikan, Internet nyatanya juga masuk ke berbagai sendi masyarakat yang berdampak pada Keuntungan dan kerugian internet pada bidang Sosial. Dengan internet sosial masyarakat berkembang dengan pesat. Kini seorang teman bahkan bisa berbagi banyak hal memalui internet meski memiliki jarak yang sangat jauh antara satu dengan yang lainnya. Berikut Keuntungan dan kerugian internet dalam bidang sosial. 

  Keuntungan internet: 
·       Komunikasi berkembang pesat. Tak sekedar komunikasi biasa, kini orang bisa bersosialisasi dengan teman – temannya yang jauh keberadaannya, maupun dengan orang lain yang belum diakenal melalui sebuah komunitas online seperti di Facebook. 
·       Masyarakat dapat dengan mudah mengakses berbagai hiburan dengan mudah dari belahan dunia manapun. 
·       Masyarakat sekarang dimanjakan dengan berbagai kemudahan dalam kehidupan baik itu seperti membayar tagihan listrik, PAM, dan tagihan lainnya secara online. Ini membuat waktu yang digunakan masyarakat menjadi efektif. 

  Kerugian Internet: 
·       Komunikasi tidak lagi bertatap muka seperti dahulu. Ini baik untuk teman yang jauh keberadaannya. Namun terkadang ini justru bisa menjauhkan teman yang keberadaannya dekat dengan kita, karena lebih memilih berkomunikasi di internet dari pada bertatapmuka langsung. 
·       Membuat orang secara tidak sadar berubah perilaku karena sering menghadapi komputer, bukan orang secara real.

D.       FUNGSI UTAMA INTERNET
Internet jaman sekarang memiliki banyak sekali fungsi dan memiliki fungsi yang relatif tergantung siapa yang menggunakanya. Ada fungsi positifnya dan ada juga fungsi negatifnya. Namun, diharapkan kita menggunakan fungsi positifnya.
Namun, pada hakikatnya internet memiliki dua fungsi pokok atau utama.Dua fungsi ini meliputi meliputi banyak hal dalam internet itu sendiri. Berikut kedua fungsi tersebut.

a.    Sumber Data dan Informasi
Internet menyimpan berbagai jenis data dan informasi yang sangat bermanfaat bagi semua yang sedang membutuhkan data dan informasi tersebut.
Banyak orang yang memanfaatkan internet sebagai sumber informasi yang utama, ingin tau soal ini langsung buka internet cari di internet  bahkan sudah menjadi kebiasaan di hidup kita sehari hari.

b.      Sarana Pertukaran data dan Informasi
Internet memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk saling berkomunikasi dan saling bertukar data dan informasi mereka,tanpa terhalang oleh jarak antar komputer,hanya dengan komputer atau bahkan hp dengan koneksi internet kita sudah bisa berinteraksi dengan orang lain baik di facebook atau yang lain di internet. Hal ini juga sudah mendarah daging dengan kehidupan kita. Apabila ada hal yang ingin kita sampaikan, langsung buka internet sampaikan pada orang yang ingin kita beritahu.
Previous
Next Post »

Ada beberapa Peraturan dalam hal Berkomentar :

1. Berkomentarlah menggunakan bahasa yang sopan dan jagalah etika ketika berkomentar.

2. Tidak Menggunakan kata yang berbau SARA dan NO SPAM.

3. Silahkan Kalian berkomentar sesuai dengan topik yang sedang dibicarakan.

4.Terima Kasih atas Perhatian Kalian Semua.

ConversionConversion EmoticonEmoticon

Terima Kasih Bagi Anda Yang Sudah Berkunjung Ke Blog Saya
Web Hosting