Selamat Datang Di Blog Raheza

Selamat Datang Di Blog Raheza
Blog ini berisi mengenai berbagai macam konten seperti musik , aplikasi , game , video , informasi seputar sepakbola dan pengetahuan selama saya kuliah . Semoga konten - konten , informasi dan pengetahuan yang saya share ke Blog ini bermanfaat untuk kalian semua

Tentang Android




         Assalamualaikum wr.wb selamat malam semuanya kawan . pada postingan kali ini saya akan memberikan info seputar sejarah android dari awal dibentuk hingga sekarang .bagi kawan - kawan yang belum tau tentang sejarah awal dibentuknya sistem operasi android dari awal hingga sekarang , Mari silahkan disimak saja postingan saya berikut ini kawan.

A.      Sejarah Android






Pada Juli 2000, Google bekerja sama dengan Android Inc., perusahaan yang berada di Palo Alto, California Amerika Serikat. Para pendiri Android Inc. bekerja pada Google, di antaranya Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Saat itu banyak yang menganggap fungsi Android Inc. Hanyalah sebagai perangkat lunak pada telepon seluler. Sejak saat itu muncul rumor bahwa Google hendak memasuki pasar telepon seluler.

 Di perusahaan Google, tim yang dipimpin Rubin bertugas mengembangkan program perangkat seluler yang didukung oleh kernel Linux. Hal ini menunjukkan indikasi bahwa Google sedang bersiap menghadapi persaingan dalam pasar telepon seluler. versi android terbaru yaitu versi 3.0. Android juga sudah bergabung dengan beberapa smart mobile seperti Nokia, Sony Ericsson, dan lainnya.
September 2007 sebuah studi melaporkan bahwa Google mengajukan hak paten aplikasi telepon seluler (akhirnya Google mengenalkan Nexus One, salah satu jenis telepon pintar GSM yang menggunakan Android pada sistem operasinya. Telepon seluler ini diproduksi oleh HTC Corporation dan tersedia di pasaran pada 5 Januari 2010).
9 Desember 2008, diumumkan anggota baru yang bergabung dalam program kerja Android ARM Holdings, Atheros Communications, diproduksi oleh Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp, dan Vodafone Group Plc. Seiring pembentukan Open Handset Alliance, OHA mengumumkan produk perdana mereka, Android, perangkat bergerak (mobile) yang merupakan modifikasi kernel Linux 2.6. Sejak Android dirilis telah dilakukan berbagai pembaruan berupa perbaikan bug dan penambahan fitur baru.



1.       Android versi 1.1




Pada 9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.



2.       Android versi 1.5 (Cupcake)


Pada pertengahan Mei 2009, Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan SDK (Software Development Kit) dengan versi 1.5 (Cupcake). Terdapat beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam seluler versi ini yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.


3.       Android versi 1.6 (Donut)


Donut (versi 1.6) dirilis pada September dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA.


4.       Android versi 2.0/2.1 (Eclair)


Pada 3 Desember 2009 kembali diluncurkan ponsel Android dengan versi 2.0/2.1 (Eclair), perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.
Untuk bergerak cepat dalam persaingan perangkat generasi berikut, Google melakukan investasi dengan mengadakan kompetisi aplikasi mobile terbaik (killer apps – aplikasi unggulan). Kompetisi ini berhadiah $25,000 bagi setiap pengembang aplikasi terpilih. Kompetisi diadakan selama dua tahap yang tiap tahapnya dipilih 50 aplikasi terbaik.
Dengan semakin berkembangnya dan semakin bertambahnya jumlah handset Android, semakin banyak pihak ketiga yang berminat untuk menyalurkan aplikasi mereka kepada sistem operasi Android. Aplikasi terkenal yang diubah ke dalam sistem operasi Android adalah Shazam, Backgrounds, dan WeatherBug. Sistem operasi Android dalam situs Internet juga dianggap penting untuk menciptakan aplikasi Android asli, contohnya oleh MySpace dan Facebook.


5.       Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)


Pada 20 Mei 2010, Android versi 2.2 (Froyo) diluncurkan. Perubahan-perubahan umumnya terhadap versi-versi sebelumnya antara lain dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.


6.       Android versi 2.3 (Gingerbread)





Pada 6 Desember 2010, Android versi 2.3 (Gingerbread) diluncurkan. Perubahan-perubahan umum yang didapat dari Android versi ini antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.


7.       Android versi 3.0 (Honeycomb)



Android Honeycomb dirancang khusus untuk tablet. Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Tablet pertama yang dibuat dengan menjalankan Honeycomb adalah Motorola Xoom.


8.       Android versi 4.0 ( Ice Cream Sandwich)



Android ice cream sandwich dirilis pada tanggal 19 oktober 2011.Android ice cream sandwich atau yang lebih dikenal dengan ICS , terintegrasi cabang telepon dan tablet Android menjadi edisi tunggal dengan antarmuka yang umum,yang lagi-lagi tidak mengandalkan tombol navigasi fisik. Salah satu perubahan yang paling menojol di UI adalah bahwa widget kini pindah ke tab mereka sendiri dalam menu utama 


9.       Android versi 4.1 (Jelly Bean)



Android jelly bean SDK dirilis pada tanggal 9 juli 2012. Jelly bean memiliki fokus pada kinerja yang bertujuan untuk menyingkirkan gagap dengan memperkenalkan Vsync dari waktu output frame dan refresh rate layar itu juga dan Jelly bean juga menambahkan tiga dukungan di grafis .


10.    Android versi 4.4 (Kitkat)



Dinamai dengan izin Nestle dan Hershey pada tanggal  3 September  2013,Dirilis pada tanggal 31 oktober 2013 .Kitkat merupakan sebuah merk cokelat yang  dikeluarkan Nestle .

11.    Android versi 5 (Lollipop)



Android Lollipop  dirilis  oleh google.Sampai saat ini google masih belum mau mengeluarkan tanggal rilis dari Android Lollipo tersebut.Android Lollipop sendiri adalah generasi setelah Android Kitkat . Menurut beberapa sumber, Sistem Operasi  terbaru besutan google ini mempunyai interfaces yang berbeda dengan Sistem Operasi generasi sebelumnya. Yakni kitkat.



B.       FITUR DARI ANDROID 


            Fitur yang tersedia di Android adalah:

  • Kerangka aplikasi: itu memungkinkan penggunaan dan penghapusan komponen yang tersedia.
  • Dalvik mesin virtual: mesin virtual dioptimalkan untuk perangkat mobile.
  • Grafik: grafik di 2D dan grafis 3D berdasarkan pustaka OpenGL.
  • SQLite: untuk penyimpanan data.
  • Mendukung media: audio, video, dan berbagai format gambar (MPEG4, H.264, MP3,AAC, AMR, JPG, PNG, GIF)
  • GSM, Bluetooth, EDGE, 3G, dan WiFi (hardware dependent)
  • Kamera, Global Positioning System (GPS), kompas, dan accelerometer (tergantung hardware)
                       

C.      HARDWARE DARI ANDROID 


ponsel Android datang dalam segala macam bentuk yang berbeda. Beberapa hanya touchscreen, beberapa memiliki keyboard penuh. Penggunaan hardware dengan prosesor 528 MHz sementara yang lain dengan 1GHz Snapdragon, beberapa memiliki resolusi rendah sentuh resistif, sedangkan yang lain memiliki layar resolusi tinggi dengan multitouch.Umumnya Handset froyo menggunakan prosesor di rentang 600mhz sampai dengan 800mhz dengan Ram 256 MB


D.      PENANGANAN FILE PADA ANDROID


Perangkat Android menyimpan rekaman lokasi dan unique ID dari 50 pemancar mobile yang melakukan komunikasi, dan 200 jaringan terakhir yang “terlihat.” Ketika daftar relevan penuh, file itu ditulis ulang, dengan urutan terdahulu sebagai yang pertama. Hingga kini belum diketahui apakah daftar ini juga dikirim ke Google. Namun, meski mirip, terdapat sejumlah perbedaan antara metode dan akses berkas tersembunyi yang ada di iPhone dan Android. Ponsel milik Apple menyimpan data ini lebih lama, yaitu hingga setahun. 

Selain itu, file pada ponsel Android tidak mudah diakses oleh pengguna, karena memerlukan beberapa keterampilan komputer untuk mengekstrak data. Sebaliknya, file di Apple bisa dengan mudah diekstrak langsung dari komputer atau ponsel. Pengumuman ini juga menyusul langkah senator Demokrat asal AS yang mengirim surat permintaan kepada bos Apple Steve Jobs minggu ini. Ia ingin mengetahui kenapa iPhones, seperti dilaporkan, menyimpan file rahasia yang merekam lokasi pengguna.
Aplikasi yang dapat memfilter aplikasi downloadan secara langsung menyimpan otomatis ke memori eksternal ponsel kamu.
  1. App 2 SD , aplikasi ini mampu memindahkan dan menyimpan hasil unduhan /download dari memori ponsel langsung ke memori eksternal, nilai lebihnya aplikasi ini apa bila kita merestart ponsel maka data yang kamu download tidak akan terhapus .
  2. AppSever , aplikasi ini secara langsung menyimpan hasil download se kartu memori , gak jauh beda dengan app 2 SD secara fungsinya.
  3. Advance SD card Manager , Aplikasi ini berfungsi selayaknya file manager , mampu memilah memindahkan bahkan menghapus file unduhan dari dan ke memori posel .
Fungsi root Android adalah untuk memberi hak penuh kepada pengguna Android untuk dapat masuk ke sistem Android. Dengan melakukan Root, pengguna dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-file atau data-data yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar (belum root) file-file tersebut tidak dapat di akses. Bila dianalogikan sistem operasi komputer Windows, fungsi root Android adalah memberikan hak administrator kepada pengguna.
Dengan melakukan root Android tidak serta merta akan menaikkan performa atau kemampuan ponsel Android. Rooting Android sama seperti “membuka pintu” bagi Anda untuk mengembangkan sistem operasi ini.



E.       PENANGANAN MEMORY PADA ANDROID


File yang tersimpan didalam suatu memory disimpan dalam bentuk multiple (disk) block. Saat memformat Memory Card dengan menggunakan 16K block, maka kapasitas lokasi yang digunakan saat menyimpan data selalu berukuran 16K block, meskipun file yang akan disimpan hanya berukuran 1K. Kebanyakan MMC yang ada beredar secara default suatu memory telah diformat menggunakan 16K block, sehingga akan banyak space terbuang karena umumnya aplikasi ponsel yang akan terinstal hanya berkisar 2K-3K. Lalu untuk lebih efektifnya kita akan memformat MMC yang masih menggunakan 16K Blok itu ke format lainnya.
Berikut langkahnya Salah satu alat yang dibutuhkan adalah card reader  caranya :
  1. Backup, ini adalah langkah aman untuk menjaga file file yang ada dalam memory card anda. Jangan lupa untuk mengatur show Hidden file and folder pada explorer pada komputermu, Caranya dengan mengeklik Folder Options -> View -> Pilih Show hidden files and folders.
  2. Format Memory Card dengan menggunakan perintah ‘format’ dan gunakan pilihan /A: size option pada  cammon prompt  dos kamu. Atau dapat menggunakan Disk Management didalam Administrative tools di control panel untuk melakukan format. Pastikan untuk memilih kategori FAT. Untuk kapasitas memori MMC 256 MB kapasitas memori block terkecil yang digunakan yaitu 4K, 128 MB adalah 2K dan 64 MB adalah 1K.
  3. Setelah diformat melalui komputer dengan block terkecil maka copy kembali seluruh file yang tadi telah dibackup di komputer, dan anda akan memperoleh kapasitas yang lebih besar dari sebelumnya.


F.       PENANGANAN PROSES PADA ANDROID


meliputi :

·         Visible Processes
Visible tetapi tidak aktif adalah mereka Aktivitas hosting “terlihat”. Seperti namanya, Kegiatan terlihat, tetapi mereka tidak di latar depan atau menanggapi peristiwa pengguna. Hal ini terjadi ketika sebuah Aktivitas hanya sebagian tertutup (dengan layar non-penuh atau Kegiatan transparan). Ada proses terlihat umumnya sangat sedikit, dan mereka hanya akan hilang dalam keadaan ekstrim untuk memungkinkan proses yang aktif untuk melanjutkan.


·         Started Service Processes
Proses Layanan hosting yang telah dimulai, Layanan ini mendukung proses berkelanjutan yang harus melanjutkan tanpa antarmuka. Karena Jasa tidak berinteraksi langsung dengan pengguna, mereka menerima prioritas yang sedikit lebih rendah daripada Aktivitas terlihat. Mereka masih dianggap sebagai proses latar depan dan tidak akan dibunuh kecuali sumber daya yang diperlukan untuk proses aktif atau terlihat.


·         Background Processes
Proses hosting Aktivitas yang tidak terlihat dan yang tidak memiliki Pelayanan yang telah mulai dianggap proses background. pada umumnya akan ada sejumlah besar proses background yang Android menggunakan.


·         Empty Processes
Untuk meningkatkan kinerja sistem secara keseluruhan, Android sering mempertahankan aplikasi dalam memori setelah mencapai akhir hidupnya. Android mempertahankan ini cache untuk meningkatkan waktu start-up aplikasi ketika mereka kembali diluncurkan.



G.      KERNEL PADA ANDROID


Kernel adalah inti yang ada dari sebuah system operasi yang fungsi utamanya adalah penghubung antara hardware and software atau sebuah aplikasi yang digunakan .Kernel bertugas menangani Driver ,power management,dll.Kernel juga bisa disebut sebagai jantung dari system operasi.operasi operasi yang dijalankan oleh system operasi itu diproses oleh kernel.
Kernel di android juga bisa dimodifikasi dan tentunya akan membawa keuntungan bagi system operasi itu sendiri.biasanya,orang mendevelop kernel itu disesuaikan dengan custom rom nya.kita dengan kernel lain yang tidak direkomendasikan oleh pembuat custom rom.di saat kita memflashing custom rom pada handset android kita,di dalam custom rom itu sendiri sebenarnya sudah ada kernel.dan terkadang kernel tersebut sudah dimodifikasi.namun,tidak semua handset menyediakan custom kernel.ada beberapa handset,yang bootloadernya dikunci oleh perusahaan handsetnya.sehingga kita hanya dapat mengganti system operasi nya tanpa dapat mengganti kernelnya.


ANALISA TENTANG ANDROID



A . PANGSA PASAR ANDROID


IDC (International Data Corporation) baru saja mengumumkan hasil penelitian mereka untuk pangsa pasar Operating System (OS) mobile global pada Q2 tahun ini. Tentu saja yang mendominasi adalah OS Android dengan peningkatan yang cukup signifikan. OS bikinan Google itu kini menguasai 84,7% dari marketshare OS Smartphone diseluruh dunia.
Berada dinomor dua adalah iOS dengan pangsa pasar 11,7%. Android dan iOS total menguasai 96,4% pasar ponsel pintar dunia. Sementara yang meraih peringkat ketiga adalah Windows Phone dengan 2,5% pangsa pasar, BlackBerry diposisi keempat dengan 1,5%, dan ‘others’ dengan 1,9%.
Menurut IDC, salah satu sumber utama dominasi Android adalah harga smartphonenya yang sangat murah. IDC memperkirakan kalau 58,6% total smartphone Android yang terjual adalah ponsel dengan harga dibawah 200 dollar atau dibawah Rp 2,5 juta. Hal tersebut terbukti dengan semakin menguatnya pengaruh dan penjualan ponsel-ponsel asal pabrikan Tiongkok seperti Huawei, Lenovo, dan si anak baru Xiaomi.
           
           




B . KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ANDROID


Kelebihan dari system operasi android tersebut yaitu sebagai berikut:
1.      Android menggunakan system operasi mobile yang paling user saat ini dengan kustomisasi yang cukup mudah
2.      Kebanyakan smartphone android memiliki pilihan untuk mengganti baterai yang memunkinkan semua pengguna untuk membeli baterai ekstra jika yang lama tidak bekerja.
3.      Popularitas terbaru dari system operasi Android telah menyebabkan perusahaan ponsel terkemuka seperti Samsung , Motorola , HTC , dan lain-lain yang memilih android .pasar ponsel dibanjiri dengan berbagai jenis perangkat seperti tablet PC, pemutar music yang berjalan pada system operasi android.
4.      Lebih dari 200.000 aplikasi yang ditambahkan setiap  hari untuk android. Hal tersebut sangat sederhana untuk mendownload dan menginstal aplikasi dari android market.jika anda sudah bosan dengan aplikasi yang anda mainkan tersebut.anda bisa menghapus aplikasi tersebut dengan sangat mudah dan tidak memakan waktu yang sangat lama.
5.      Ponsel android yaitu trend terbaru di pasar ponsel dan semakin popular pada tingkat yang sangat cepat. Konsumen memiliki begitu banyak pilihan dengan harga yang tidak cukup mahal.
6.      Jika dibandingkan dengan iOS,Android itu selalu menelurkan ponsel yang paling canggih dari sisi teknologi, meskipun belum tentu stabil teknologinya. Lalu iOS sendiri cenderung mengeluarkan versi terbaru berdasar kestabilannya.
7.      Android lebih berkembang secara menyeluruh daripada OS symbian yang dari tahun 2001 hanya disitu – situ  saja,dan kurang ada inovasi yang baru
8.      Dari segi baterai , perbandingan dengan iPhone adalah Unibody atau “tubuh” perangkat mobile menyatu dengan casing, memang keren. iPhone/iPad menggunakan hal ini. Masalahnya adalah bila baterai bocor, pengguna tak bisa mengganti sendiri baterainya.Sementara perangkat Android memiliki alternatif. Calon pembeli dapat memilih perangkat Android unibody atau tidak. Tak semua perangkat Android premium menggunakan unibody.

Adapun kekurangan dari system operasi android tersebut yaitu sebagai berikut :

1.     Kebebasan kustomisasi terikat untuk meciptakan beberapa masalah dalam waktu dekat.
2.   Ukuran layar yang kecil. Kelemahan ini membuat beberapa pesaing seperti iPhone menjadi pilihan yang lebih baik
3.  Apple app store masih menawarkan lebih baik dan banyak aplikasi dari android market sekarang. kekurangan ini dapat terbukti sangat mahal untuk android yang mencoba sangat keras untuk memberikan persaingan ketat untuk Apple.
4. Banyak orang melakukan rooting yang dianggap sangat beresiko. Sama seperti jailbreaking pada iPhone. rooting tersebut merupakan satu gerakan yang salah dan dapat mengakibatkan smartphone dapat rusak.
5.   Membuat orang-orang menjadi malas dikarenakan mereka lebih suka berbicara di telepon daripada harus bertatap muka.
6.  Dibanding dengan Android , Apple mempunyai gudang musik, acara televisi, serta film yang amat lengkap di itunes.Hal itu dikarenakan adanya dukungan dari iTunes. Beberapa penggunanya tak perlu sediakan waktu spesial pergi ke toko untuk berbelanja keperluan hiburan. Pengguna cuma butuh berkunjung ke itunes, melacak apa yang diperlukan, serta waktu itu juga mereka dapat segera menikmatinya.
7.  Jika dibandingkan dengan Symbian , Android cepat panas ponselnya jika di pakai terus menerus .Berbeda dengan symbian dimana symbian tidak cepat panas bila di pakai secara terus menerus.



C . KOMUNITAS ANDROID DI INDONESIA


Seiring dengan berkembanganya teknologi dari android , banyak sekali komunitas-komunitas dunia maya yang ada di beberapa wilayah Indonesia dan seringkali mengadakan forum di dalam jejaring social seperti twitter , facebook , kaskus, dan lain-lain.
            Beberapa akun twitter komunitas android berdasarkan regional / wilayah:

·         Sumatera
1.      @AcehDroid
2.      @DroidJambi
3.      @AndroidPadang
4.      @AndroidPalembang
5.      @DroidPekanbaru
6.      @Android Medan , etc.

·         Jawa
1.      @DroidSunda
2.      @AndroidSukabumi
3.      @DroidIndramayu
4.      @DroidKuningan
5.      @DroidKarawang
6.      @DroidBanten
7.      @DroidBandung
8.      @DroidJakarta
9.      @IDSoloDroid
10.  @AndroidMalang , etc.


·         Bali
1.      @AndroidBali25

·         Kalimantan
1 .   @ AndroidSMD
2.      @DroidPontianak
3.      @DroidTenggarong

·         Sulawesi
1.      @DroidManado
2.      @AndroidMksr
3.      @PaluAndroid



D . SISTEM KEAMANAN ANDROID

Android dirancang dengan keamanan sebagai salah satu pilar utamanya. Tanpa bermaksud membandingkannya dengan platform lain, Android melakukan tugasnya dengan baik, memastikan tidak terlalu banyak informasi yang dapat dikumpulkan oleh suatu aplikas/proses tanpa izin usernya. Tak satupun aplikasi atau proses mendapatkan akses ke level Sistem tanpa diberi hak itu secara khusus, dan umumnya user menyadari apa yang sedang terjadi di latar belakang. 

Baru-baru ini, Steven Max Patterson mengajukan pernyataan bahwa Android hampir tak tertembus malware. Meski terdengar berlebihan, dia mendasarkan pernyataannya pada presentasi yang disampaikan Kepala Keamanan Android, Adrian Ludwig. Dalam presentasi itu Ludwig mengungkapkan bahwa “kurang dari 0.001% dari instalasi aplikasi di perangkat Android yang mampu menghindar dari pertahanan berlapis System Android dan merugikan pengguna”. Sederhananya, Android punya sejumlah lapisan pertahanan yang melindunginya dari serangan malware, dan sejak Google mulai memperhatikan apa yang diinstal pengguna di perangkat mereka, sangat sedikit malware yang muncul.

Ludwig melanjutkan dengan mengatakan bahwa meski peneliti keamanan dan bahkan Depertemen Keamanan Dalam Negeri A.S telah menyadari peningkatan malware Android, tak satupun pihak selain Google yang punya alat untuk melihat data instalasi aktual, dan mereka tidak melihat adanya kemunculan malware dalam jumlah besar.

 Patterson mengatakan, “Masalah yang ingin dipecahkan Google adalah bahwa para peneliti keamanan tak punya akses terhadap paltform Android untuk bisa mengukur seberapa sering aplikasi malware diiinstal. Hal ini dapat disamakan dengan peneliti penyakit manusia yang tak punya data dari institusi Pusat Kontrol Penyakit (CDC) ketika hendak mengukur seberapa besar tingkat penyebaran penyakit. Peneliti keamanan sangat hebat dalam menemukan dan mengatasi malware, tapi tanpa keberadaan data terpercaya yang mencatat seberapa seringnya aplikasi malware terinstall, maka angka tingkat ancamanan tidak akan akurat dan sering dibesar-besarkan. Laporan yang masuk ke media sangat sering terlalu dilebih-lebihkan. 

Untuk menekankan poin ini Ludwig dalam presentasinya mengungkapkan analisanya bahwa temuan malware terakhir yang paling besar publikasinya ternyata terinstal kurang dari 1 per 1 juta instalasi.
Google mengumpulkan data instalasi setiap kali user menginstal aplikasi di perangkatnya, dengan catatan hal itu dilakukan lewat pilihan “Verify and Install” (di perangkat lain mungkin berbunyi “Package Installer”), atau langsung lewat Google Play. 

Jika Anda melakukan instalasi dengan cara-cara di atas, inilah alasannya kenapa Anda harus melakukannya:
Mekanisme pengamanan mulai muncul sekitar setahun lalu ketika versi baru Android mulai dikapalkan dengan “Verify Apps”. Verify Apps melakukan campur tangan ketika sebuah aplikasi didownload, lalu membandingkannya dengan database yang berisi informasi malware yang dikelola Google, lalu mengingatkan pengguna jika aplikasi tersebut potensil berbahaya.

Fitur Verify Apps juga disebarkan ke Android versi lama dengan menyertakannya ke dalam aplikasi Google Play, dimana lewat aplikasi Google Play ini lah user mendownload dan menginstal aplikasi dari Play Store. Pengecekan dan pemblokiran aplikasi diaktifkan secara default, dan user harus menonaktifkannya kalau ingin mem-bypass proteksinya.

Jadi kelihatannya semua berjalan baik. Jika Anda menggunakan perangkat Anda secara normal, menginstal dari sumber terpercaya dan menggunakan akal sehat ketika menginstal aplikasi, kemungkinan Anda terkena malware sangatlah kecil. Tetapi ini belumlah merupakan gambaran utuh dari Android.
Ada beberapa hal penting yang tidak disebutkan dalam presentasi tentang kemampuan Android menghalau malware tersebut.

Hal pertama, Google tidak bisa menghitung malware yang tidak terdeteksi olehnya. Semua data di atas diambil dari instalasi yang dilakukan lewat “Verify Apps” yang tersedia bersama dengan Google Play di Android v2.3 ke atas. Jika Anda tak menggunakan metode ini ketika melakukan instalasi, atau jika Anda mendapatkan aplikasi itu dari sumber lain misalnya Amazon Appstore, atau dari pihak ketiga (forum, blog dll), maka Anda tidak disertakan dan Anda tidak dilindungi.
Jadi dengan kata lain, Google hanya mendata keberadaan malware dari aplikasi yang bisa dimonitor olehnya.

Fakta bahwa Google tidak menemukan malware dalam jumlah yang banyak di jalur instalasi yang termonitor olehnya, tidaklah berarti tidak ada banyak malware di luar sana, tidak pula berarti bahwa ancaman malware itu tidak nyata. Itu artinya mitos tentang handset-handset yang terinfeksi terlalu dilebih-lebihkan oleh perusahaan keamanan. Tetapi jangan pula hal ini membuat user merasa yakin handsetnya tidak akan terserang malware jika dia mendownload file apk tertentu (misalnya “AngryBirdsPremiumLulz.apk”) dari situs yang tidak jelas kredibilitasnya, karena yakin sistem pertahanan Android akan mengatasi malware tersebut.

Sebagain besar pengguna Android langsung mencentang instalasi lewat “Sumber Tak Dikenal/Unknown Source” di setting Keamanan handset Androidnya supaya bisa menginstal langsung dari file .apk yang didownload dari sumber selain Play Store. Tindakan itu dengan sendirinya mem-bypass sistem pengamanan Android. 



Nah gimana postingan saya tentang android barusan kawan ? semoga bermanfaat untuk kawan - kawan semuanya ya .



REFERENSI : 



http://www.jarlok.com/apa-sih-kelebihan-android-froyo/


www.candra.web.id/2011/11/05/froyo-vs-gingerbread/


www.hanivinside.net/2014/02/firmware-rom-dan-kernel-di-android.html?m=1


www.wedaran.com/18142/kelebihan-dan-kekurangan-android/


www.droid-indonesia.blogspot.in/2012/12/komunitas-android-di-indonesia-twitter.html?m=1


http://chip.co.id/news/blackberry-android-apple-microsoft-corporate-technology/12674/idc_android_dan_ios_menguasai_964_pangsa_pasar_smartphone_dunia


https://id-id.facebook.com/notes/ponsel-community/wiki-mengenal-fitur-keamanan-android/729967297022861


https://berrtyphones.com/2013/04/sistem-operasi-android-1-0-hingga-4-2-jelly-bean.html


http://ekoshp.com/2015/01/kelebihan-dan-kekurangan-android-dibanding-ios/


http://davy.preuveneers.be/phoneme/public/icon/android.png


http://www.omtekno.com/kelebihan-iphone-ios-dibanding-android/


http://amreyzero.mywapblog.com/kelebihan-symbian-dibanding-android-2.xhtml


http://iradewa.com/sejarah-nama-versi-android.html

http://duniapengertian.blogspot.in/2014/10/pengertian-android-lollipop-android.html?m=1  
Previous
Next Post »

Ada beberapa Peraturan dalam hal Berkomentar :

1. Berkomentarlah menggunakan bahasa yang sopan dan jagalah etika ketika berkomentar.

2. Tidak Menggunakan kata yang berbau SARA dan NO SPAM.

3. Silahkan Kalian berkomentar sesuai dengan topik yang sedang dibicarakan.

4.Terima Kasih atas Perhatian Kalian Semua.

ConversionConversion EmoticonEmoticon

Terima Kasih Bagi Anda Yang Sudah Berkunjung Ke Blog Saya
Web Hosting