Selamat Datang Di Blog Raheza

Selamat Datang Di Blog Raheza
Blog ini berisi mengenai berbagai macam konten seperti musik , aplikasi , game , video , informasi seputar sepakbola dan pengetahuan selama saya kuliah . Semoga konten - konten , informasi dan pengetahuan yang saya share ke Blog ini bermanfaat untuk kalian semua

Sejarah Perkembangan Manajemen Dari Awal Hingga Pada Zaman Modern

 

Assalamualaikum wr,wb . Pada waktu kali ini saya akan memberikan atau share artikel tentang Sejarah Perkembangan Manajemen Dari Awal Hingga Pada Zaman Modern . Silahkan disimak artikel saya berikut ini .

 

Manajemen pada Era Manajemen Ilmiah 

 


Manajemen pada era manajemen ilmiah ini ditandai dengan perkembangan ilmu manajemen dari kalangan insinyur . Seperti Henry Towne , Frederick Winslow , Frederick A.Halsey & Harrington Emerson . Manajemen ilmiah yang dipopulerkan oleh Frederick Winslow Taylor dalam bukunya yang berjudul Principles of Scientific Management pada tahun 1911.Dalam bukunya itu , Taylor mendeskripsikan manajemen ilmiah adalah "penggunaan metode ilmiah untuk menentukan cara terbaik dalam menyelesaikan sesuatu pekerjaan."Beberapa penulis seperti Stephen Robbins menganggap tahun terbitnya buku ini sebagai tahun teori lahirnya manajemen modern.

Henry Gantt yang pernah bekerja bersama taylor di Midvale Steel Company menggagas ide bahwa seharusnya seorang mampu mandor memberi pendidikan kepada karyawannya untuk bersifat rajin dan kooperatif . Ia juga mendesain sebuah grafik untuk membantu menajemen yang disebut sebagai Gantt chart yang digunakan untuk merancang dan mengontrol pekerjaan

Manajemen Ilmiah kemudian dikembangkan lebih jauh oleh pasangan suami istri yang bernama Frank dan Lillian Gilbreth . Keluarga Gilbreth berhasil menciptakan micromotion yang dapat mencatat setiap gerakan yang dilakukan oleh pekerja dan lamanya waktu yang dihabiskan untuk melakukan setiap gerakan tersebut.Era ini juga ditandai dengan hadirnya teori administratif , yaitu teori mengenai apa yang dilakukan oleh para manajer dan bagaimana cara membentuk praktik manajemen yang baik.

 Perkembangan selanjutnya terjadi pada tahun 1940 dimana Patrick Blackett melahirkan ilmu riset operasi yang merupakan kombinasi dari teori statistika dengan teori mikroekonomi . Riset operasi yang sering dikenal dengan "Sains Management" , mencoba pendekatan sains untuk menyelesaikan masalah dalam manajemen . Khususnya di bidang Logistik dan Operasi . 

Pada tahun 1946 , Peter F. Drucker menerbitkan salah satu buku paling awal tentang manajemen terapan yaitu " Konsep Korporasi " (Concept Of The Corporation) . Buku tersebut muncul atas ide dari Alfred Sloan ( Chairman dari General Motors ) yang menugaskan penelitian tentang organisasi.



Manajemen Pada Era Manusia Sosial

 

Era manusia sosial ditandai dengan lahirnya mahzab perilaku dalam pemikiran manajemen di akhir era manajemen ilmiah . Mahzab perilaku tidak mendapatkan pengakuan luas sampai tahun 1930 an . Katalis utama dari kelahiran mahzab perilaku adalah serangkaian studi penelitian yang dikenal sebagai eksperimen Hawthrone .

Eksperimen Hawtrone dilakukan pada tahun 1920 hingga tahun 1930 an di Pabrik Hawthrone milik Western Electric Company Works di Cicero , Illenois . Kajian ini awalnya bertujuan mempelajari pengaruh berbagai macam tingkat penerangan lampu terhadap produktivitas kerja . Hasil kajian mengindikasikan bahwa ternyata insentif seperti jabatan , lama jam kerja , periode istirahat , maupun upah lebih sedikit pengaruhnya terhadap output pekerja dibandingkan dengan tekanan kelompok , penerimaan kelompok , serta rasa aman yang menyertainya . Peneliti menyimpulkan bahwa norma - norma sosial atau standar kelompok merupakan penentu utama perilaku kerja individu .





Manajemen Pada Era Modern ( 1940 - sekarang )

 

Tokoh manajemen pada masa ini adalah Douglas McGregor yang terkenal dengan teori x dan y . Teori xy ini merupakan salah satu teori perilaku . Teori xy ini diungkap McGregor dalam bukunya yang berjudul The Human Side Enterprise . Dalam buku ini , diuraikan para manajer atau pemimpin organisasi memiliki dua jenis pandangan terhadap para pegawai ataupun karyawan yaitu teori x atau teori y.


Menurut asumsi teori X dari McGregor ini bahwa orang - orang ini pada hakekatnya adalah :

  1. Pada dasarnya pegawai tidak menyukai pekerjaan , jika mungkin berusaha menghindarinya.
  2. Karena pegawai tidak menyukai pekerjaan maka mereka harus dipaksa , dikendalikan atau diancam dengan hukuman untuk mencapai tujuan yang diinginkan . 
  3. Para pepgawai akan mengelakkan tanggung jawab dan mencari pengarahan yang formal sepanjang hal itu terjadi . 
  4. Kebanyakan pegawai menempatkan rasa aman diatas faktor lain yang berhubungan dengan pekerjaan yang akan memperlihatkan sedikit ambisi.
  5. Pekerjaan itu pada hakekatnya seperti bermain dapat memberikan kepuasan kepada orang . Keduanya bekerja dan bermain merupakan aktiva - aktiva fisik dan mental . Sehingga di antara keduanya tidak ada perbedaan , jika keadaan sama - sama menyenangkan.
  6. Manusia dapat mengawasi diri sendiri dan hal itu tidak bisa dihindari dalam rangka mencapai tujuan - tujuan organisasi . 
  7. Kemampuan untuk berkreativitas di dalam memecahkan persoalan - persoalan organisasi secara luas didistribusikan kepada seluruh karyawan .
  8. Motivasi tidak saja berlaku pada kebutuhan- kebutuhan sosial , penghargaan dan aktualisasi diri , tetapi juga pada tingkat kebutuhan - kebutuhan fisiologi dan keamanan.
  9. Orang - orang dapat mengendalikan diri dan kreatif dalam bekerja jika dimotivasi secara tepat.
  10. Dengan memahami asumsi dasar teori y ini , McGregor menyatakan selanjutnya merupakan tugas yang penting bagi manajemen untuk melepaskan tali pengendali dengan memberikan kesempatan mengembangkan potensi yang ada pada masing -masing individu . Motivasi yang sesuai bagi orang - orang untuk mencapai tujuannya sendiri sebaik mungkin dengan memberikan pengarahan usaha - usaha mereka untuk mencapai tujuan organisasi .


Tokoh - Tokoh Manajemen Dunia Sesuai Zaman




Teori Manajemen Klasik

 

 

 

  • Robert Owen , beliau disebut sebagai Bapak Manajemen Klasik pada tahun 1800-an.
  • Charles Babbage





   Teori Manajemen Ilmiah



  • Frederick Winslow Taylor , Beliau disebut sebagai Bapak Manajemen Ilmiah pada tahun 1900 - an.
  • Frank Bunker Gilberth dan Lilian Gilberth
  • Henry Laurance Gantt
  • Harrington Emerson



      Teori Organisasi Klasik 

 

 
 
  • Henry Fayol
  • James D Mooney
  • Marry Parker Follet 
  • Chaster I.Basnard 






Referensi :  http://kasyfilaziz15.blogspot.co.id/2013/09/1.html

Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
Unknown
admin
1 October 2015 at 10:33 ×

bagus bermanfaat , sering-sering membuat artikel yg seperti ini ya !!

Reply
avatar
1 October 2015 at 14:41 ×

heru : siap terima kasih atas sarannya kang heru semoga artikel saya mencerdaskan kehidupan bangsa hahaha :D

Reply
avatar

Ada beberapa Peraturan dalam hal Berkomentar :

1. Berkomentarlah menggunakan bahasa yang sopan dan jagalah etika ketika berkomentar.

2. Tidak Menggunakan kata yang berbau SARA dan NO SPAM.

3. Silahkan Kalian berkomentar sesuai dengan topik yang sedang dibicarakan.

4.Terima Kasih atas Perhatian Kalian Semua.

ConversionConversion EmoticonEmoticon

Terima Kasih Bagi Anda Yang Sudah Berkunjung Ke Blog Saya
Web Hosting