Selamat Datang Di Blog Raheza

Selamat Datang Di Blog Raheza
Blog ini berisi mengenai berbagai macam konten seperti musik , aplikasi , game , video , informasi seputar sepakbola dan pengetahuan selama saya kuliah . Semoga konten - konten , informasi dan pengetahuan yang saya share ke Blog ini bermanfaat untuk kalian semua

Tentang Utility Computing







A.  Definisi

Menurut situs wikipedia, utility computing adalah sekumpulan sumber dayakomputasi, tempat penyimpanan data dan layanan. Layanan ini sama halnyaseperti pengukuran pada penggunaan listrik, telepon, dll. yaitu membayar sesuai penggunaan.            

Menurut blog eBizzAsia, Utility computing sama halnya dengan kitamenggunakan pulsa misalnya. Berapa jumlah pulsa yang dipakai, itulah yang kitabayar. Utility computing juga seperti itu, berapa besar computing power yang kita gunakan, itulah yang kita bayar.

Menurut SearchDataCenter, Utility computing adalah layanan provisioning dimana penyedia layanan memberikan sumber daya komputasi dan infrastruktur ketika diperlukan pengguna. Biaya yang diberikan lebih detail tergantung dari penggunaan pengguna.





B.  Karakteristik Sistem


-          On-Demand self service : Layanan utility computing harus dapat dimanfaatkanoleh user dan tersedia ketika dibutuhkan.

-          Broad network access : Layanan utility computing harus bisa diakses dari manasaja dan kapan saja dengan/ketika terhubung internet.

-          Measured service : Karena layanan utility computing ini dibayar sesuaipenggunaan, maka layanan ini harus terukur dengan baik.




C . Jenis-jenis Utility Computing

-          Hardware komputer : Komputer server, CPUs, input devices, kabel jaringan, dll.

-          Layanan internet : Web servers dan Browsing software.

-          Penggunaan Grid Computing

       Sistem grid computing adalah jaringan dari banyak komputer yang menjalankan Middleware. Middleware mendeteksi kemampuan pemrosesan sebuah CPU dan memungkinkan menjalankan software pada beberapa komputer lain. Ini biasanya berguna untuk penggunaan komputasi yang besar. Off-site data Storage : Biasa dipanggil Cloud. Terdapat banyak alasan mengapa sebuah perusahaan membutuhkan layanan ini. Memiliki terlalu banyak data atau tidak memiliki ruang penyimpanan fisik yang cukup pada server mereka.





 

D .  Kelebihan dan Kekurangan Utility Computing

Kelebihan dari utility computing  adalah kenyamanannya ketika digunakan. User tidak perlu membeli semua hardware, software dan lisensi yang diperlukan.Pemeliharaan dan administrasi semuanya dikerjakan oleh penyedia utility computing, sehingga user bisa lebih fokus pada apa yang harus dilakukannya tanpa harus memikirkan hal-hal berbau teknis.Tapi kadang, apa yang user butuhkan dan apa yang perusahaan utility berikan tidak sejalan. Seorang user dengan bisnis menengah kebawah dan sebuah perusahaan utility yang menawarkan superkomputer dengan biaya mahal tentu bukanlah pasangan yang serasi, ini saat dimana user harus menggunakan jasa perusahaan lain yang seimbang dengan kebutuhannya. Untuk apa membayar mahal untuk sesuatu yang benar-benar tidak dibutuhkan?

Kelemahan lain dari sebuah perusahaan utility adalah masalah kehandalannya.User tidak boleh begitu saja mempercayakan data-data penting pada sebuah perusahaan utility kecil yang belum memiliki reputasi baik dalam menangani data klien, ini untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan seperti kehilangan data akibat server rusak dan lain sebagainya.Utility computing juga biasanya menjadi target para hacker. Mereka meretas untuk mendapatkan data-data penting. Maka dari itu, penting untuk memilih perusahaan utility yang memiliki pengamanan terbaik.




Referensi : 


http://en.wikipedia.org/wiki/Utility_computing

http://searchdatacenter.techtarget.com/definition/utility-computing
 
Previous
Next Post »

Ada beberapa Peraturan dalam hal Berkomentar :

1. Berkomentarlah menggunakan bahasa yang sopan dan jagalah etika ketika berkomentar.

2. Tidak Menggunakan kata yang berbau SARA dan NO SPAM.

3. Silahkan Kalian berkomentar sesuai dengan topik yang sedang dibicarakan.

4.Terima Kasih atas Perhatian Kalian Semua.

ConversionConversion EmoticonEmoticon

Terima Kasih Bagi Anda Yang Sudah Berkunjung Ke Blog Saya
Web Hosting